"Ip Man 4 : The Finale", Akhir Perjalanan Sang Master Wing Chun

Sumaterakita.com- Sang master Wing Chun kembali hadir di layar lebar melalui film keempat sekaligus terakhir dari seri "Ip Man" yang dibuat berdasarkan kisah nyata.

"Ip Man 4 : The Finale" mengisahkan kehidupan sang master Wing Chun Ip Man (Donnie Yen) yang tidak berubah sepeninggal istrinya. Bahkan Ip Man juga harus menerima kenyataan bahwa hubungan dengan putranya lama-lama kian berjarak.

Sebagai orang tua, Ip Man kemudian mencari jalan agar kehidupan masa depan putranya lebih baik dengan menyekolahkannya ke luar negeri.

Ip Man lantas memutuskan pergi ke Amerika Serikat berbekal tiket pesawat yang diberikan salah satu murid Bruce Lee yang datang menemuinya di Hong Kong.

Namun Ip Man menemukan kenyataan pahit di negara yang dianggapnya akan menjanjikan berbagai impian tersebut, yaitu masih ada diskriminasi rasial yang jauh lebih buruk dari yang dia kira.

Selain itu, Ip Man juga berupaya untuk meredakan ketegangan di antara para master kungfu setempat dengan muridnya yang bernama Bruce Lee sambil mencari masa depan yang lebih baik untuk putranya.

Film seri terakhir Ip Man ini berlatar belakang Kota San Fransisco, Amerika Serikat tahun 1964. Film ini kembali disutradari oleh Wilson Yip dengan Hiroshi Fukuzawa sebagai penulis skenario dan Raymond Wong sebagai produser.

"Ip Man 4 : The Finale" akan mengajak penonton merasakan pergolakan batin dalam diri sang master Wing Chun. Ketika sedang berupaya memperbaiki hubungan dengan sang putra, Ip Man justru harus menerima kenyataan bahwa dirinya mengidap kanker ganas.

Sekali lagi Donnie Yen membuktikan bahwa peran Ip Man memang telah melekat dalam dirinya. Selain itu, penonton yang menikmati drama keluarga yang menghangatkan hati dalam tiga film terakhir, ikatan antara Ip dan putranya sendiri, mungkin menjadi bagian terbaik dari cerita ini.

"Ip Man 4 : The Finale" juga menampilkan berbagai adegan laga dengan koreografi pertarungan tangan kosong yang mengesankan. Seperti ketika Ip Man bertarung dengan Barton Geddes (Scott Adkins), seorang marinir Amerika Serikat yang menjadi adegan puncak dari film.

Di film ini juga ditampilkan sedikit aksi laga dari salah satu murid Ip Man, yaitu Bruce Lee (Danny Chan) yang dikisahkan telah sukses membuka sekolah bela diri di Amerika Serikat.

Film "Ip Man 4 : The Finale" dibintangi juga oleh Vaness Wu, Chris Collins, Wu Yue, hingga Vanda Margraf. Film ini dijadwalkan tayang di bioskop mulai 20 Desember 2019. (Ant)