Jeruk, Buah Keberuntungan Imlek di Lingga

Sumaterakita.com - Jeruk merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi tradisi wajib dalam perayaan hari raya Imlek, buah yang satu ini biasanya disajikan saat ritual sembahyang menyambut Imlek maupun saat acara kumpul-kumpul bersama keluarga, dan jamuan lainnya saat prosesi perayaan Imlek.

"Jeruk dalam bahasa Mandarin disebut ‘chi zhe’. Chi artinya rezeki dan zhe artinya buah, kalau digabung jadi buah pembawa rezeki," kata salah satu tokoh masyarakat Tionghua Kabupaten Lingga, Alim kepada Antara, Jumat.

Menurutnya jika dibandingkan dengan kuliner atau makanan lainnya, jeruk memiliki makna yang begitu penting dalam tradisi masyarakat Tionghua. Ada dua jenis jeruk yang sering digunakan yaitu Jeruk Mandarin dan Jeruk Pakistan, keduanya sama-sama memiliki makna penting dalam perayaan Imlek.

"Beda jeruk Mandarin dan Pakistan itu, hanya soal rasa ada yang asam dan juga manis, tapi bentuk dan kemasannya sama," ujarnya.

Saat ini yang paling banyak digunakan adalah jeruk Pakistan atau sunkist, selain murah jeruk Pakistan juga mudah didapat, sementara jeruk Mandarin saat ini sangat sulit didapat sehingga harganya pun mahal.

"Jeruk Mandarin itu satu kis (kotak-red) bisa mencapai tiga sampai lima ratus ribu, kalau jeruk Pakistan satu kisnya berkisar Rp280.000 ribu rupiah," sebutnya.

Satu kis atau satu kotak jeruk biasanya berisi puluhan butir. Selain keberuntungan ada makna lain dari buah jeruk tersebut menurutnya, yaitu warna jeruk berwarna kuning melambangkan warna emas.

"Warna orangenya yang cerah dan cantik, itu seperti emas yang datangkan rezeki berupa uang," sebutnya.

Selain warna dari segi rasa jeruk yang manis dan asam juga mengandung makna tersendiri.

"Dalam kehidupan kita mengalami rasa asam dan ada juga rasa manisnya," sebut tokoh senior marga Tionghua di Kabupaten Lingga ini.

Bagi orang Tionghua jeruk juga biasanya dijadikan parcel untuk berbagi kepada sanak saudara, dan juga tetangga disekelilingnya.

"Tahun baru itu rasa syukur, semakin banyak jeruk semakin banyak syukurnya dan semakin banyak usaha kita," sebutnya. (Ant)