Aceh Barat Jajaki Pengembangan Wisata dan Perikanan dengan Jepang

Sumaterakita.com- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menjajaki upaya kerjasama investasi sektor pariwisata, perikanan, dan perkebunan dengan Pemerintah Jepang melalui Japan External Trade Organization (Jetro) Indonesia di Jakarta, Selasa (3/3).

Upaya kerjasama ini dipimpin Bupati Aceh Barat H Ramli MS yang bertemu Presiden Direktur Japan External Trade Organization (JETRO) Jakarta, Keishi Suzuki bersama sejumlah pejabat daerah setempat.

“Upaya kerjasama ini kita lakukan agar iklim investasi di Aceh Barat ke depan semakin lebih baik dan berkembang,” kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS melalui saluran telepon.

Menurutnya, rencana kerjasama tersebut nantinya diharapkan dapat membuka peluang lapangan kerja baru bagi masyarakat di Aceh Barat, sekaligus memberikan kesempatan kepada petani, nelayan, dan pelaku usaha agar dapat mengembangkan usaha dan diekskpor ke luar negeri.

Tidak hanya itu, dalam pertemuan tersebut, kata Ramli MS, Pemkab Aceh Barat juga menawarkan kerjasama kepada pengusaha Jepang agar turut mengembangkan potensi wisata di daerah ini.

Kemudian pengembangan industri perikanan, pembangunan pelabuhan ekspor impor, pembangunan pabrik ban, serta aneka peluang investasi lainnya.

“Apabila rencana ini berhasil, maka iklim investasi di Kabupaten Aceh Barat ke depan semakin lebih maju,” kata Ramli MS menambahkan.

Sementara itu, Presiden Direktur Japan External Trade Organization (JETRO) Jakarta, Keishi Suzuki dalam pertemuan selama 45 menit diruang kerjanya, menyambut baik upaya kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

Pihaknya berjanji dalam dua bulan mendatang akan mengujungi Kabupaten Aceh Barat, untuk menindaklanjuti upaya kerjasama tersebut.(Ant)