Keindahan Pulau Belakangpadang Batam Butuh Sentuhan

Sumaterakita.com- Pulau Belakangpadang, Kota Batam, Kepulauan Riau, akan dikembangkan sebagai destinasi wisata berbasis alam, dengan potensi pantai, pulau sekitar dan bakau yang masih alami.

"Sesuai arahan wali kota, maka Belakangpadang akan dikembangkan sebagai objek wisata alam," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata di Batam, Minggu.

Pulau Belakangpadang merupakan satu dari sekitar 400 pulau di Kota Batam.

Untuk mencapai pulau tersebut, lawan harus menumpang kapal kecil, dengan jarak tempuh sekitar 15 menit.

Di pulau itu, Ada beberapa pantai yang masih alami. Di seberang Pulau Belakangpadang, terdapat Pulau Manis yang rencananya akan dikembangkan sebagai kawasan wisata terpadu.

Di sisi lain juga terdapat Pulau Nirup, yang berada di dalam pembangunan sanggraloka. "Jadi sangat cocok, untuk dikembangkan bersama-sama sebagai tujuan wisata," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi juga berharap pengembangan wisata Belakangpadang berkonsep kembali ke alam.

"Seperti di Johor, mereka membuat hutan bakau di sana. Mereka tanam bakaunya, lalu membuat tempat makan seafood segar  . Di Belakangpadang juga membuat seperti itu," kata Wali Kota.

Ia meminta aparat di sana menyatakan, jangan sampai ada bakau yang ditebang demi meminta kelestarian.

"Jangan sampai ditebang. Tolong diawasi. Kita akan memperbanyak kayu bakau, bukan dihabiskan," kata dia.

Camat Belakangpadang Yudi Admaji mengatakan pengembangan pariwisata di Pulau Belakangpadang dan pulau-pulau di sekitarnya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat . (Ant)