Bangun Jalan Pasaman-Padang Lawas, Merajut Ekonomi di Perbatasan Sumbar-Sumut

Sumaterakita.com - Pembangunan jalan yang menghubungan dua daerah yaitu Kabupaten Pasaman, Sumbar dengan Kabupaten Padang Lawas, Sumut menjadi perhatian anggota DPRD Padang Lawas. Ini dibuktikan dengan kunjungan anggota DPRD Padanglawas, Sumut ke DPRD Sumbar, kemarin (12/3).

Ketua DPRD Padanglawas, Sumut Amran Pikal Siregar menyampaian harapannya agar jalan yang menjadi kewenangan Sumbar untuk bisa dikerjakan. Pasalnya, jika jalan ini lancar, akan memberikan keuntungan masyarakat di dua daerah ini.
 
”Kita di Padanglawas sudah komit agar jalan yang menjadi tanggung jawab kita dikerjakan dengan baik. Tentunya sinergi Dibutuhkan, ”katanya.
 
Menyikapi itu, Anggota DPRD Sumbar Sabar Sambut baik hal ini. Banyak Manfaat bagi dua daerah, Prioritas bagi masyarakat. Selain dari sektor infrastruktur, juga menyediakan ekonomi. Sabar mengutip, khusus di bagian Pasaman, jalan tersebut sudah dibuka namun belum bisa dilalui dengan lancar.
 
Mesti gunakan kendaraan khusus karena sebagian masih jalan tanah. Dia akan mendorong Pemkab Pasaman untuk memberikan perhatian serius dalam pembukaan jalan lenghubung ini.
 
”Masyarakat Pasaman berada di perbatasan yang memiliki potensi ekonomi yang terdiri atas pertanian dan pertanian lain. Jika jalan lancar dan dilalui dengan baik, maka akan menguntungkan bagi dua daerah, ”katanya,

Untuk diketahui, tahun 2018 lalu, Pemkab Pasaman menganggarkan dana sebesar Rp7 miliar untuk membuka jalan penghubung daerah ke Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Panjang jalan yang akan dibangun tahun ini mencapai 12 dari 15 kilometer hingga tembus.
 
Sebelumnya pada 2009 jalan ini sudah pernah dibuka sepanjang sembilan kilometer, namun karena sudah lama perlu perbaikan lagi karena kondisi saat ini sudah cukup parah. 
 

Sementara dari pihak Kabupaten Padang Lawas juga telah melakukan pembukaan jalan menuju perbatasan Kabupaten Pasaman sepanjang 5,6 kilometer pada 2017. Dengan dibukanya akses jalan antar kabupaten ini diharapkan investasi warga di sana akan meningkat karena aksesnya akan meningkat.